Seorang
mahasiswi datang ke rumah dan betanya, Apa itu mail merge? Sambil tersenyum saya
jawab mengapa baru sekarang kamu bertanya? Apa karena ada PR dari kampus POLI
TEKNIK NEGERI MALANG. Namun ini memang seharusnya demikian karena dia mahasiswa
jurusan administrasi atau akuntasi. Dalam kebutuhan seorang akuntan memang
dituntut sebuah kompetensi ini untuk mempercepat kinerja jika boss atau pimpinan
membutuhkan kecepatan kerja. Memang harus diakui tidak banyak memang menu mail
ini digunakan oleh seorang pengguna Ms word, lebih-lebih seorang guru.
Pada
menu barisan ke-5 pada menu file ms word ada menu bernama “MAILINGS”. Jika menu ini kita buka maka sederetan sub menu seperti
envelope, label, start mail merge, select recipients sampai finish and merge
finish. Adapun makna pengertian mail merge adalah kemampuan
komputer untuk mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus dari satu sumber
surat.Secara Teknis, dibutuhkan dua buah file untuk mengolahnya, yang pertama
adalah isi surat sedangkan yang lainnya adalah data kepada surat tersebut di
kirimkan .
Adapun tentang fungsinya adalah Mail merge membantu
kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk
penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu
terutama bila penerimanya sangat banyak. Mail merge juga dapat digunakan untuk
membuat sertifikat, label, dan amplop. Untuk membuat mail merge terdiri dari 2
dokumen, yaitu: (1) Dokumen Master, dokumen yang isinya sama untuk semua
penerima, (2) Data Source, yaitu dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing
penerima, misalnya nama dan alamat penerima. Data source dapat berupa data di
Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya.
- Buat data dokumen di ms excel dengan nama file yang sudah kita tentukan *.xslx
- Buat naskah surat atau yang lainnya di ms word
- Pilih file mailings di menu word
- Pilih select recipients >>> use existing list >>> pilih data ms excel yang anda simpan tadi >>> pada select table ilih satu file tersebut >>> OK
- Tempatkan kursor di word yaitu tempat dimana data tadi akan ditampilkan
- Pilih sub menu dimailings tadi >>> insert merge filed >>> klik sesuai dengan kebutuhan
Untuk melihat hasilnya klik preview results dan Untuk mencetak hasil pilih sub menu finish & merge finish >>> ikuti langkah ngeprint seperti biasanya
0 komentar:
Posting Komentar