TENDENSI
SENTRAL DAN KURVA NORMAL
Penulis
: SAIFUL ARIF
Masih ingat dengan materi matemika di
kelas XI tentang statistic? Dalam materi tersebut dibahas tentang tendensi
sentral. Sub kompetensi tersebut membhas tentang nilai rerata, mode, nilai
tengah dan jumlah. Sementara untuk pembahasan tentang dispersion tentang:
Standar deviasi, varian, range, minimum dan maximum. Tentu semuanya bertujuan
untuk memberikan informasi dari data yang akan diamati dari sebuah kesimpulan. Untuk
memperjelas kompetensi di atas perhatikan contoh table berikut ini yaitu
tentang hasil penelitian model pembelajaran role play di sebuah Lembaga dallam
penigkatn kemampuan siswanya.
Intepretasi table di atas
Out put proses program SPSS V.22 diatas menunjukkan bahwa jumlah reponden adalah 32
siswa yang dipilih secara random sampling. Untuk proses kesalahan data atau
data yang hilang adalah nol,sedangkan perbandingan nilai rerata adalah sebelum
63.00 dibawah nilai KKM semenara setelah perlakuan model pembelajaran 82.13 di
atas KKM. Sementara kita puas dengan capain hasil sementtara ini. Nilai std.
error of mean awal 1.071 menunjukkan bahwa tingkat homogenitas nilai masih
belum tersebarkan dengan merata yaitu masih di atas nilai 1 atau 1.071. berbeda
dengan nila Std. error mean pada akhir yaitu dibawah nilai 1 yaitu 0.814
artinya penyebaran nilai pada tingkat homogenitas hampir merata mempunyai
perbedan sangat kecil sekali. Nilai tengah atau median kondisi nilai awal
rentangan sangat kecil dengan selisih datanya dipereoleh 63.00 dan data akhir
pada nilai 87.00.
Tingkat variance dari data awal 36.710 dan
data kondisi ahir 21.210 dengan selisih yang cukup tinggi pula. Pada kndisi awal seperti yang
saya jelaskan bahwa masih ada nilai yang
berselsih sangat besar seentara dikondisi akhir hampir semua data distribusi
secara sempurna. Hasil tampilan quartile secara komprehensip ditunjukan pada tingkatan
20%, 30%, 50%, 70% dan 75% dengan masing-masing nilai sebesar: untuk tingkat
awal 58.00, 58.00, 63.00, 66.10 dan 67.75 dan untuk kondisi akhir 78.00, 79.00,
82.00, 84.00 dan 84.75. semua data tersebut mengalami kenaikan yang cukup
signifikan sebagai missal pada tingkat 20% pada tingkat awal 58.00 sementara
pada tingkat akhir 78.00 dengan rentang 20. Untuk nilai minimum bdan maksimumelum
mencapai standar ketuntasan minimal yaitu 50 dan 75 sementara londisi akhir
mengalami kenaikan di atas standar ketuntasan 76 dan 94.
Hasil olah data tentang histogram baik
kondisi awal dan akhir memang menunjukkan data terdistribusi secara normal
walaupun masih ada beberapa nilai yang tidak msuk pada daerah kurva normalnya. Jika
kita bandingkan kondisi awalnya memang banyak nilai atau data yang masih di
luar kurva lengkungnya. Ini disebabkan karena rentang penyebaran data tersebut
cukup tinggi yaitu 25 walaupun nilai tersebut masih belum memenuhi kriteria
minimal. Tetapi pada kondisi akhir justeru semua data hampir masuk di dalam
kurva karena rentangnya cukup rendah yaitu 18. Artinya keberhasilan dalam
menerakan sebuh metodologi belajar untuk meninkatkan kemampuan berbahasa dengan
system role play adalah cukup “BERHASIL”. Dan perlu adannya upaya pengembangan
selanjutnya denga prinsip yang berinovasi dan bekelanjutan.
0 komentar:
Posting Komentar