INTEPRETASI
UJI PAIRED SAMPLE TEST (Uji t - Student)
Penulis
: SAIFUL ARIF
Sebuah
studi kasus tentang hasil riset kemampuan olah kalimat atau percakapan Bahasainngris
di sebuah Lembaga Pendidikan yang akan menguji metode pembelajaran dengan system
bermain peran (Role play). Dengan membuat dugaan awal atau hipotesis sebagai
berikut:
Ho : Tidak ada pengaruh menggunakan metode roleplay
dala meningkatkan kemampuan berbicara
Bahasa Inggris secara lancar dan benar
Ha : Ada pengaruh menggunakan metode
roleplay dala meningkatkan kemampuan berbicara
Bahasa Inggris secara lancar dan benar
Kemudian membandingkan
antara before (pre test) dengan after (post test) mealuhi program olah data
SPSS V.22 dan diperoleh hasil out put sebagai berikut:
Jika
dilihat hasil output di atas pada table paired samples statistic diperoleh
perbedaab nilai rerata before dan after. Nilai-nilai tersebut yaitu after (pre
test) sebesar 63.00 dan nilai untuk before (post test) sebesar 82.13. selisih
beda tersebut sebesar 83.13 – 63.00 = 20.13, perbedaan yang sangat besar sekali
atau kenaikan sebesar 32%. Untuk standar deviasi before 6.059 yang memberikan
arti bahwa terdapat ragam nilai yang diperoleh oleh siswa tersebut dengan
rentang yang sedikit besar. Sementara standart deviasi untuk kondisi after
sebesar 4.605 adalah tidak terjadi lompatan nilai atau beda nilai yang signifikan.
Artinya keadaan after telah memberikan keberagaman nilai dari 32 responden
dengan rentang nilai yang tidak terlalu besar dengan nilai standar error mean
sebesar 0.814.
Sementara pairet sample correlations
memberikan nilain angka pada 0.402. dalam penjelasan Sugiono (2011 : 231)memberikan
penjelasan tingkatan hubungan atau korelasinya yaitu pada tingkatan “SEDANG”
yaitu antara (0.400 – 0.599). table tersebut juga memberikan tingkat sig.
(2-tailed) atau uji dua arah sebesar 0.022. dalam pengambilan keputusan bahwa
jika nilai sig. hitung < sig. 0.05 maka Ho ditolak. Sementara nilai dalam table
tersebut sebesar “0.022 < 0.05” maka pengambilan keutusan tersebut
adalah “Ada pengrauh menggunakan metode roleplay dala meningkatkan kemampuan
berbicara bahasa Inggris secara lancar dan benar”.
Untuk table paired sample test sendiri
juga menghasilkan output selisih standar deviasi sebesar 5.955 dengan standart
error mean sebesar 1.053. sementara nilai t sebesar -18.166, memberikan arti nilai
tersebut disebelah kiri kurva garis normal rata-rata. Tetapi nilai negative hanya
sebagai patokan tempat atau posisi anagka saja.namun masih bisa kita anggap
sama dengan nilai negative karena uji 2 arah. Nilai df diperoleh dari degree
freedom dikurang dengan 1 = 31. Untuk membandingkan niali t hitung dengan nilai
t table kita gunakan acuan dengan alpha 5%, karena uji 2 arah maka 5%/2 = 2,5%
= 0.025. dari data tersebut yaitu df = 31 dengan α/2 = 0.025 diperoleh nilai t table
= 1.990. kita akan membandingkan nilai t hitung dengan t table yaitu t hitung
> t tinggi atau 18.166 > 1.990. degan demikian dalam pengambila keputusan
adalah jika t hitung > t table dan fakta menunjukkan demikian maka memang “Ada
pengaruh pengrauh menggunakan metode role play dalam meningkatkan kemampuan
berbicara bahasa Inggris secara lancar dan benar”. Nilai signifian 0.000
< 0.05 maka keputusanya adalah menolak Ho dan dapat menerima Ha.
Mudah bukan, mari kita jadikan kegiatan
sehari-hari di kelas sebagai ajang penelitian juga sekaligus pengembangan bagi
tindak lanjut dalam proses belajar mengajar. Juga sebagai bahan evalasi agar
mendapatkan metode yang lebih baik dalam melakukan proses belajar mengajar. Biasakan
kita tidak terlalu menuntut tunjangan profesi yang akan bisa membunuh
kreatifits kktmenjadi guru yang professional dan juga berjiwa kompetitif. Hilangkan
buruk sangka kita pada semua kebijakan pemerintahan terutama kementerian Pendidikan.
Tetapi, mari dibiasakan untuk berpikir keras bagaimana mengintepretasikan suara
Ir. Soekarno tempo dulu 1945, “JANGAN KAU TANYA NEGARA MEMBERIKAN APA
TERHADAPMU, TETAPI TANYAKAN PADA DIRIMU, APA YANG DAPAT KAMU BERIKAN PADA
NNEGARA INI. Oleh karena itu yang bisa kita lakukan sebgai seorang
pendidik adalah menemuukan metodologi pembelajaran yang inovasi dan berkelanjutan.
#salamantikorupsi
#salampaksaisingganteng
0 komentar:
Posting Komentar