Berikan Pendapat Anda tentang WI Berikan komentar positif dan santun demi pengembangan konten yang lebih menarik serta lebih faktual dengan berita ilmu yang bermanfaat bagi kita semua pada tahap selanjutnya, untuk partisipasi anda semua saya ucapkan Terimakasih

HAL KECIL YANG BERAKIBAT BESAR


Saya pernah membaca sebuah kalimat yang di tulis oleh Winston Churchill yang berbunyi “Attitude is little thing that make a big difference”. Sikap adalah hal yang kecil tetapi membuat perbedaan yang amat besar. Kata kuncinya sederhana adalah “Sikap”. Saya tidak pernah bosan bertutur pada siswa dan guru sejawat tentang sikap yang membedakan setiap pribadi dengan lainnya. Hidup ini tidak akan terlepas dari istilah like and dislike. Dimana pun kita berada tentu tidak akan lepas dari hal tersebut. Namun sikap yang dimiliki setiap orang akan mampu memberikan perbedaan dengan lainnya. Apa artinya pengalaman yang luas, Pendidikan yang tinggi jika semua itu dibungkus dengan sikap yang kasar, tidak sopan dan selalu menyakiti hati orang lain. Sebagai pendidik dan penyuluh antikorupsi, saya sering menyaksikan sendiri bagaimana sikap positif mampu mengantarkan karier seseorang melesat tinggi sekali. Berbeda dengan mereka yang mempunyai sikap negative akan selalu mengalami kendala dalam perjalanan hidupnya.

Memang ada unsur kepintaran, kecerdasan dan pengalaman yang menjadi factor pendukung kesuksesan. Tetapi “sikaplah” yang menjadi acuan pertama sebelum factor lainnya. Memang harus kita akui bahwa tidak semua orang akan terlepas dari kurungan like and dislike tersebut, sebab penilaian setiap manusia berbeda. Pola pandang kita terhadap sikap orang lain tersebut akan menentukan arah tujuan hidup sebenarnya. Terkadang kinerja kita yang full power, masih saja terdapat kekurangan yang disebabkan sesuatu hal. Hal yang kita dapatkan adalah cacian dan makian oleh mereka yang berbeda sikap. Jika memang demikian adanya!!! Apakah kita diam, maju atau bahkan mundur menghindari masalah?. Tentu saja tidak akan kita lakukan. Rasa pedan di dalam makanan atau rasa pahit di dalam minuman jamu, merupakan sebuah tantangan untuk kita jawab dengan aksi dan kepercayaan. Apabila kita laluhi dengan sabar dan sikap positif tentunya akan mendapatkan kenikmatan serta sehat badan/jasmani.

Oleh karena itu menjadi wajib membungkus sikap orang lain yang like and dislike membungkus pengalaman dengan sikap yang mengena dihati orang. Setiap pagi dan sore, saya biasanya menyapu jalan di depan rumah agar kelihatan asri dan bersih. Banyak siswa yang berangkat menuju sekolah dan orang tua yang pergi mengantarkan anaknya berangkat sekolah. Hal yang saya temui adalah tidak ada satu pun dari orang yang lewat menunjukan sikap yang baik dengan memberikan salam apalagi senyuman. Semuanya ambyar bagai masakan tanpa penyedap rasa. Sikap atau karakter ini mulai luntur seiring perkembangan teknologi yang semakin modern dan canggih. Saya tak mampu membayangkan apa yang akan terjadi jika penerus bangsa sudah tak berakhlak lagi. Hebatnya sebuah negara ditentukan oleh sikap para warganya. Seorang negosiator biasanya untuk menjatuhkan lawannya, biasanya menggunakan sentuhan perasaan. Jika negosiator sundah menyentuh hati lawan dengan memperhatikan pandangan mata dan turun kehati. Maka jangan heran jika hati tersentuh, leher pun akan diserahkan pada kita. Itulah yang saya sebut dengan hal kecil yang berakibat besar. Tidak perlu kita beli dan tidak perlu dengan tenaga berlebihan untuk merainya, tetapi hanya bersikap yang baik.


0 komentar:

Posting Komentar