Berikan Pendapat Anda tentang WI Berikan komentar positif dan santun demi pengembangan konten yang lebih menarik serta lebih faktual dengan berita ilmu yang bermanfaat bagi kita semua pada tahap selanjutnya, untuk partisipasi anda semua saya ucapkan Terimakasih

MPLS : MEMBANGUN INTEGRITAS SISWA

Gb. MPLS SMAN 3 Kota Pasuruan

Momen tahun ajaran baru yang ditandain dengan berbagai kegiatan positif banyak dilakukan oleh sekolahan. diantara kegiatan tersebut adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). dalam kesempatan yang berbahagia juga kehormatan, saya selaku penyuluh antikorupsi diundang sebagai nara sumber pada acara tersebut yaitu di SMAN 3 Kota Pasuruan Jawa Timur. Acara yang digelas selama 5 hari itu telah memberikan materi yang beraneka macam, diantaranya adalah tentang integritas siswa. Sebanyak 288 sisa baru tingkat SMA di lapangan basket Rabu 20 Juli 2022 saya mencoba memberikan poleh pemahaman substansi kata Integritas. Agar arti mampu diserap dengan baik saya mencoba menggunakan bahasa sederhana yaitu sikap satu padu antara kata, perbuatan serta niatan dalam hati untuk selalu berbuat sesuai aturan. Aturan secara hukum negara, aturan secara adat istiadat serta aturan agama.
Pada kesempatan itu, saya mencoba untuk mengupas kemerosotan karakter siswa yang sudah mengalami degradasi yang cukup mengkhawatirkan. Penekanan betapa pentingnya sikap Integritas mampu membawa dampak perubahan bagi yang lainnya seperti sikap jujur, peduli serta gotong royong. Sikap-sikap tersebut kini sudah mulai meninggalkan hati masing-masing siswa. Kehancuran sebuah negara diawali oleh kehancuran moral atau karakter generasinya. Dengan sikap berapi-api saya mencoba memberikan contoh implikasi dari sikap Unintegritas yaitu kurangnya kepercayaan publik pada diri sendiri. Harapan dari apa yang saya sampaikan mampu memberikan perubahan mental pada siswa kedepannya. Walaupun hanya 60 menit waktu yang diberikan yang diberikan oleh panitia, namun saya mencoba memaksimalkan esensi materi sosialisasi sikap integritas pada siswa dalam arti yang sebenar-benarnya.

#salamantikorupsi

0 komentar:

Posting Komentar