Berikan Pendapat Anda tentang WI Berikan komentar positif dan santun demi pengembangan konten yang lebih menarik serta lebih faktual dengan berita ilmu yang bermanfaat bagi kita semua pada tahap selanjutnya, untuk partisipasi anda semua saya ucapkan Terimakasih

BERLITERASI PADA SI KUMBI




Pasuruan, Selasa 11 Pebruari 2019 Beberapa siswa MTs. Sunan Ampel Kraton Pasuruan Jawa Timur mengawali kegiatan belajar mengajar (KBM) denganmelakukan studi literasi dari buku-buku karya Lembaga KPK yang telah diberikan secara gratis terhadap para penyuluh antikorupsinya. Beberapa judul buku saya berikan 38 siswa di kelas. Metode membaca selama 20 menit memberikan nuansa baru atau situasi baru bagi para siswa. Walupun demikan model membaca dengan durasi yang pendek ini akan tetap memberikan kenyamanan dan situasi baru. Memberikan menu yang positif di awal pagi yang segar bisa menjadikan sebuah tanaman pembelajatan tumbuh segar dengan buah integritas manis.
Kegiatan ini walaupun tidak setiap hari, tetapi harus dibiasakan ke pada siswa untuk mengkonsumsi bacaan-bacaan yang benilai kejujuran, kepedulian dan sikap gotong royong yang dipunyai oleh beberapa tokoh yang ada dalam buku-buku tersebut. Nampak antusias dari para pembaca terutama kalangan anak-anak untuk segera menyelesaikan bacaannya. Saat sesi menit terakhir siswa di minta untuk mempresentasikan isinya kembali secara garis besar. Kesan dan pesan mereka juga paparkan sekaligus harapan mereka jika seperti yang ada dalam tokoh.
Diantaranya buku-buku yang di baca adalah cerita si kumbi dengan bebagai macam judul seperti : Angin di perut Osyi, Mari bermain dengan si kumbi, egrang pinjaman dan Teman untuk Tenten. Senyum dan pus tergmbar di wajah para siswa ini karena telah menemukan sebuah cerita sosok dari para pahlawan kebenaran dan kejujuran yang mempunyai dedikasi tinggi bagi umat lainnya. Haapan ada pengaruh positif dari apa yang anak-anak baca dan pahami sehingga kelak menjadi sebuah inspirasi dan juga motivasi hidup untuk menjadi pemimpin sejati dan berani berkata “Berani Jujur, Hebat”.
#salam antikorupsi

1 komentar:

  1. Mendidik orang lain agar menjadi apa yang kita inginkan tidaklah mudah. Implikasinya, kita harus bisa dijadikan cermin atau suri teladan. Jadi kata kuncinya "Mendidik Diri".
    Kalau budaya literasi dalam diri sendiri dan siswa serta warga Madrasah sudah cukup solid, saatnya berbagi"jejaring literasi".Istilahnya budaya literasi Madrasah untuk semua!
    Hebat untuk Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Kraton Pasuruan.
    Super Hebat untuk Fasilitator POKJA Literasi Kabupaten Pasuruan.

    BalasHapus