Berikan Pendapat Anda tentang WI Berikan komentar positif dan santun demi pengembangan konten yang lebih menarik serta lebih faktual dengan berita ilmu yang bermanfaat bagi kita semua pada tahap selanjutnya, untuk partisipasi anda semua saya ucapkan Terimakasih

PERMINTAAN TENAGA KERJA OLEH PERUSAHAAN

       Pasar tenaga kerja, sama seperti haInya pasar-pasar lainnya dalam perekonomian, diatur oleh kekuatan-kekuatan penawaran dan permintaan. Diilustrasikan oleh gambar 18-1. Pada panel (a) diperlihatkan bahwa penawaran dan permintaan buah apel menentukan harga apel. Sedangkan panel (b) diperlihatkan bahwa penawaran dan permintaan tenaga pemetik apel menentukan harga atau upah para pemetik apel tersebut.
         Namun seperti telah disebutkan di atas, ada perbedaan penting pasar tenaga kerja dengan pasar-pasar lainnya, karena permintaan tenaga kerja merupakan permintaan . Kebanyakan jasa tenaga kerja bukanlah merupakan "barang jadi" yang siap dinikmati konsumen, melainkan masih merupakan bahan atau input untuk memproduksi barang lainnya. Guna memahami permintaan tenaga kerja, kita perlu memusatkan perhatian kepada perusahaan-perusahaan yang menyerap tenaga kerja itu dan mempergunakan untuk memproduksi berbagai barang siap jual. Melaluhi kajian terhadap kaitan antara produksi barang dan permintaan tenaga kerja, kita dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menetukan upah ekuilibrium.


0 komentar:

Posting Komentar