Berikan Pendapat Anda tentang WI Berikan komentar positif dan santun demi pengembangan konten yang lebih menarik serta lebih faktual dengan berita ilmu yang bermanfaat bagi kita semua pada tahap selanjutnya, untuk partisipasi anda semua saya ucapkan Terimakasih

APLIKASI DERET DALAM EKONOMI

Dalam karangannya An Essay on the Principles of Population, (1978), Malthus menulis:
“Saya kira bahwa saya tanpa ragu-ragu dapat mengajukan dua postulat. Pertama bahwa pangan perlu untuk hidup manusia. Kedua nafsu birahi antara kedua jenis kelamin perlu dan kiranya akan tetap pada keadaan yang sekarang”.
Bila dimisalkan bahwa postulat-postulat saya ini benar, maka saya ingin menyatakan bahwa daya pertumbuhan penduduk jauh lebih besar dari pada daya bumi untuk menghasilkan keperluan hidup manusia. Penduduk jika tidak terkendali akan bertambah menurut deret hitung. Sekedar pengetahuan mengenai bilangan akan menunjukkan betapa besarnya daya jenis pertama dibandingkan dengan daya jenis kedua.
Untuk mendalami pernyataan Malthus ini, maka gambarkanlah dalam suatu grafik deret hitung yaitu :


Dengan asumsi a = 12, dan d = 4
Sedangkan deret ukur sebagai berikut:

Dengan asumsi a = 1 dan r = 2 dan tentukan titik perpotongan deret hitung dengan deret ukur
Jawab :
Kita buat daftar deret hitung I dan deret ukur II


0 komentar:

Posting Komentar