Berikan Pendapat Anda tentang WI Berikan komentar positif dan santun demi pengembangan konten yang lebih menarik serta lebih faktual dengan berita ilmu yang bermanfaat bagi kita semua pada tahap selanjutnya, untuk partisipasi anda semua saya ucapkan Terimakasih

SOSIOLOGI : KELAHIRAN SOSIALIS (Part III)

Serangkaian perubahan yang bertujuan mengatasi akibat samping sitim industri dan kapitalismedapat digabungkan dengan istilah “sosialisme”. Meskipun beberapa sosiolog lebih memilih sosialisme sebagai solusi atas masalah-masalah industri, secara pribadi dan secara intelektual kebanyakan mereka menetangnya. Di satu sisi karl max adalah pendukung hancurnya sistim kapitalis dan digantikannya sistim ini degan sistim sosialis. Ia tidak hanya mengembangkan terori sosialisme, namun ia juga mengembangkan teori sosialisme, namun ia juga menghabiskan banyak waktu untuk mengkritisi berbagai aspek masyarakat kapitalis. Selain itu, dia juga terlibat dalam berbagai aktivitas politik yang diharapkannya dapat membantu masyarakat sosialis.
Max adalah tokoh yang “tampil beda” di tahun-tahun awal kelahiran teri sosiologi. Sebagian besar teoritisi awal, seperti Weber dan Durkheim, menentang sosialisme (setidaknya sosialisme sebagaimana digambarkan Mark). Meskipun mengakui adanya sejumlah masalah dalam masyarakat kapitalis, mereka mengupayakan reformasi social dalam kapitalisme ketimbang revolusi social yang diusulkan Marx. Mereka lebih takut kepada teori sosialisme dari pada kapitalisme.  Ketakutan ini lebih berperan daripada dukungan Marx terhadap alternative sosialis bagi kapitalisme.


0 komentar:

Posting Komentar