MENGHITUNG LUASAN DENGAN GRAPHMATICA

Dalam intepretasi hitung integral diantaranya adalah menghitung luasan daerah yang dibatasai oleh kurva dengan beberapa garis, atau dibatasi kurva dengan kurva lain yang saling berpotongan. Dalam penyelesainnya memang banyak cara, baik dengan menghitung biasa atau dengan menggunakan software computer. Berikut team “WARTA ILMU” akan mengupas salah satu kasus yang berhubungan dengan hitung luasan dengan integral.
Dalam hitung luas secara umum, langkah pertama adalah mencari titik perpotongan antara 2 kurva. Sehingga dapat ditentukan batas atas dan bawah dari sebuah luasan daerah. Perhatikan contoh kasus berikut ini yang diselesaikan dengan menggunakan dua metode



MENYELESAIKAN DENGAN PROGRAM GRAPHMATICA

Pada layar tampilan graphmatica silahkan di ketikan pada kotak kosong di bawah toolbars yaitu y = 8 – x2 dan y = 2x. maka grafik tersebut akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.


Buatlah arsiran pada daerah kurva yang akan kita cari luasannya dengan cara memilih menu calculus >> integrate. Selanjutnya klik di sembarang titik misalnya di titik A lalu geser dengan menekan mouse kearah kiri sampai muncul blok hitam dan lepaskan. Pilih grafik pertama y = 8 – x2 dan pilih grafik ke dua y = 2x. pada kotak dialog bagian bawah tentukan nilai batas integral ( x = 0 sampai x = 2 ). Maka gambar akan seperti dibawah ini



Menetukan nilai luas pada daerah arsir yaitu lakukan penekanan tombol calculate pada kotak dialog tersebut maka muncul hasil seperti pada gambar di bawah ini.


Pada gambar tersebut muncul Result = 9,3331 satuan luasan. Bandingkan dengan cara konvensional diatas, tentunya sama saja.

download artikel lengkapnya di sini

0 komentar:

Memuat...
Loading...
Check Google Page Rank