HUKUM PERMINTAAN ( DEMAND OF LAW)

Hukum permintaan menyatakan bahwa antara harga dan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik. Artinya, jika harga naik, akan menyebabkan jumlah barang yang diminta turun, dan sebaliknya jika harga turun, akan menyebabkan jumlah barang yang diminta naik, dengan syarat ceteris paribus, yaitu faktor-faktor lain dianggap konstan.
Contoh konkret dari Hukum Permintaan adalah ketika harga telepon selular semakin lama semakin murah maka permintaan akan barang tersebut meningkat secara signifikan.

Jika faktor harga yang memengaruhi permintaan maka akan menyebabkan kurva permintaan bergerak. Namun, jika faktor lain yang memengaruhi permintaan akan menyebabkan kurva permintaan bergeser.
Data permintaan beras di pasar adalah sebagai berikut.
Dari data di atas dapat dibuat kurva seperti berikut
Contoh Pergeseran Kurva Permintaan
Seperti yang telah dijelaskan, pergeseran kurva permintaan dapat terjadi jika faktor yang memengaruhi permintaan selain harga barang itu sendiri tidak ceteris paribus, misalnya perubahan pendapatan. Hal ini dapat menyebabkan tidak berlakunya Hukum Permintaan. Berikut adalah pergeseran kurva permintaan yang disebabkan perubahan
pendapatan.

D0–D1 = pergeseran kurva permintaan karena peningkatan pendapatan sehingga jumlah permintaan bertambah.
D0–D2 = pergeseran kurva permintaan karena penurunan pendapatan sehingga jumlah permintaan berkurang


Reff: Ekonomi Untuk SMU/MA SRI, AGUS, LENI

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sangat bermanfaat terimakasih

Memuat...
Loading...
Check Google Page Rank