Berikan Pendapat Anda tentang WI Berikan komentar positif dan santun demi pengembangan konten yang lebih menarik serta lebih faktual dengan berita ilmu yang bermanfaat bagi kita semua pada tahap selanjutnya, untuk partisipasi anda semua saya ucapkan Terimakasih

REVISI KURIKULUM 2013

Hasil rapat bersama dalam pemantapan pelaksanaan dan implementasi Kurikulum 2013 ternyata bukan main-main. Mungkin selama ini banyak terjadi kontroversi hingga prasangka negatif hingga menyangkut berbagai kepentingan individu. namun jika kita cermati secara seksama, tentu ini akan berimplikasi ke siswa jika tidak segera di atasi secara bersama-sama. Dari posisi guru pun kurang kesiapan, baik jasmani dan rohani. Sosialisasi mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah sudah sangat intens di sosialisasikan. Dengan harapan akan mengurangi konflik terutama dalam pelaksanaan di lapangan. Ini Notulen kesimpulan Kurikulum 2013 Edisi revisi berdasarkan hasil Pelatihan , silahkan dipahami dan untuk dilaksanakan.
  1. Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulu nasional tp tetap Kurikulum 2013 Edisi revisi yang berlaku secara Nasional.
  2. Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sdh ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun Ki tetap dicantumkankan dlm penulisan RPP.
  3. Jika ada 2 nilai praktek dalam 1 kd, maka yg diambil adl nilai yg tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 kd ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian dan penilaian akhir semester itu sama.
  4. pendekatan scientific 5M bukan lah satu2 nya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunan nya tidak harus berurutan
  5. Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran
  6. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir semester utk semester 1 dan penilaian akhir tahun utk semester 2. Dan sudah tdk ada lagi uts langsung ke penilaian akhir semester.
  7. Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
  8. Skala penilaian menjadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
  9. Remedial diberikan untuk kd yg kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yg dicantumkan dalam hasil akhir.

Salah satu hasil Bimtek Kurikulum 2013 revisi yg akan diberlakukan tahun pelajaran baru, Kelengkapan yg seharusnya dimiliki guru :

BUKU KERJA GURU
A. BUKU KERJA 1
1. SKL, KI, dan KD
2. Silabus
3. RPP
4. KKM

B. BUKU KERJA 2
1. Kode Etik Guru
2. Ikrar Guru
3. Tata Tertib Guru
4. Pembiasaan Guru
5. Kalender Pendidikan
6. Alokasi Waktu
7. Program Tahunan
8. Program Semester
9. Jurnal Agenda Guru

C. BUKU KERJA 3
1. Daftar Hadir
2. Daftar Nilai
3. Penilaian Akhlak/Kepr
4. Analisis Hasil Ulgn
5. Progpel Perb & Pengy
6. Dafbuk Peg Guru/Sis
7. Jadwal Mengajar
8. Daya Serap Siswa
9. Kumpulan Kisi soal
10. Kumpulan Soal
11. Analisis Butir Soal
12. Perbaikan Soal

D. BUKU KERJA 4
1.      Daftar Evaluasi Diri
2.      Kerja Guru
3.      2. Program Tindak
4.      Lanjut Kerja Guru

Related Posts:

  • MENENTUKAN PERSAMAAN KUADRAT JIKA AKARNYA ADA Persamaan Kuadrat Dengan Akar-akar x1 dan x2 Jika diketahui akar-akar persamaan kuadrat x1 dan x2, maka kita dapat menemukan persamaan kuadratnya. Sehingga permasalahan kita saat ini adalah sebagai berikut. Jika diketahui a… Read More
  • SAHABATKU SANG MISTAR KEJUJURAN Penulis SAIFUL ARIF, ST, MPd Alumni Teacher SuperCamp 2017 KPK RI    Pagi yang cerah di iringi suara burung pagi berkicau di atas dahan pohon mang… Read More
  • PERSAMAAN GARIS MELLALUHI 2 TITIK Pada subbab sebelumnya, kamu telah mempelajari bagaimana menggambar persamaan garis Lurus pada bidang koordinat Cartesius dan menentukan gradien dari suatu persamaan garis. ekarang, bagaimana menentukan persamaan garis dari… Read More
  • MENENTUKAN SUKU Ke n Suku ke-n suatu barisan bilangan dilambangkan dengan Un .Sedangkan untuk menentukan suku ke-n dapat dicari dengan rumus yang dapat diketahui melalui aturan pembentukan barisan bilangan. Proses mencari suku ke-n dengan car… Read More
  • MENGAPA HARUS SISWA YANG SELALU SALAH Penulis SAIFUL ARIF Alumni Teacher SuperCamp 2017 KPK RI Jika saya mengingat kembali buku karya emas Chu Diel "Sekolah Bubarkan Saja" terasa hati dan mata ini ingin sekali menangis. Bentuk kegagalan dalam managem… Read More

0 komentar:

Posting Komentar