Berikan Pendapat Anda tentang WI Berikan komentar positif dan santun demi pengembangan konten yang lebih menarik serta lebih faktual dengan berita ilmu yang bermanfaat bagi kita semua pada tahap selanjutnya, untuk partisipasi anda semua saya ucapkan Terimakasih

SELESAIKAN MATEMATIKA DENGAN EXCELL

     Program ini pada mulanya dibuat untuk kepentingan bisnis, seperti laporan keuangan, membuat grafik atau histogramdari sejumlah data. Salah satu kelebihan program ini adalah cukup popular. Ada banyak kemampuan fasilitas program ini yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika, seperti kemampuannya menggambar grafik dan juga mempunyai fungsi-fungsi matematika yang cukup lengkap. Disamping kemampuannya yang sudah kita kenal, seperti dalam analisis data, program ini dapat juga digunakan untuk pemecahan masalah, di mana siswadapat membuat suatu model matematikanya, seperti yang akan diilustrasikan berikut ini: Misalkan siswa SMP diberikan soal sebagai berikut

Dalam suatu lapangan parkir terdapat 57 kendaraan yang meliputi mobil dan sepeda motor. Diketahui bahwa sepeda motor 23 lebih banyak dari pada mobil. Berapa banyak masing-masing jenis kendaraan tersebut ?

     Siswa mungkin berpikir atau kalau belum mungkin, diajak berpikir dengan coba-coba sebagai berikut. Diketahui bahwa sepeda motor 23 lebih banyak dari pada mobil. Berarti kalau mobilnya 1 buah maka sepeda motornya 24 buah dan jumlahnya baru 25 kendaraan. Kalau mobilnya 2 buah maka sepeda motornya 25 buah dan jumlahnya baru 26 kendaraan Sekarang berapa banyak masing-masing jenis kendaraan agar jumlah seluruhnya 57 kendaraan. Dengan program Excel dan dengan pengetahuan menggunakan formula dan copy formula untuk cell di bawahnya, perhitungan pemikiran di atasdapat dikerjakan dengan perintah berikut. Misalkan cell A1 ditulis “Mobil”, cell B1 ditulis “Spd Motor” dan cell C1 ditulis “Jumlah”. Kmudian cell A2 dituliskan “1” , pada cell B2 diberikan formula “=A2+23” , pada cell C2 diberikan formula “=A2 + B2” dan pada cell A3 diberikan formula “=A2+1”. Kemudiandilakukan copy formula untuk ketiga kolom tersebut bersamaan, sampai baris keduapuluh, sehingga diperoleh seperti dalam gambar berikut.


Dalam gambar di atas nampak bahwa total 57 terjadi pada mobil dengan jumlah 17 dan Sepeda Motor dengan jumlah 40.
Download artikelnya, semoga bermanfaat di sini

Related Posts:

  • WORKSHOP TAHAP 2 MTs. SUNAN AMPEL Sepertinya para guru MTs. Sunan Ampel telah berkomitmen dalam membangun profesionalitas bagi dirinya termasuk memberdayakan sumber potensi yang sudah dia dimiliki. Sebagai indikasinya adalah, banyak acara diklat atau worksho… Read More
  • Ekonomi Indonesia Masih Kuat di Tahun 2012 Perekonomian Indonesia  diprediksi cukup menggembirakan. Pertumbuhan ekonomi tahun 2011 diperkirakan dapat mencapai 6,5 persen dengan tren inflasi yang menurun. Inflasi indeks harga konsumen (IHK) pada November 2011 t… Read More
  • SAMA-SAMA SEKOLAH TAPI BEDA HASIL Rutinitas yang membawa pada tingkat kejenuhan, merpakan hal yang sudah lumrah di dunia. Pekerjaan yang selalu dan selalu di ulang-ulang akan membawa seseorang jenuh alias bosen. Seperti yang dilakukan siswa dalam hal berse… Read More
  • Tiga Tantangan Ekonomi Indonesia di Tahun 2012 Pada tahun 2012, diprediksi ketahanan Ekonomi Indonesia sangat kuat. Namun demikian ada tiga hal penting yang harus diwaspadai oleh pemerintah. "Pertama memburuknya kondisi ekonomi dan keuangan global akibat berlarutnya pe… Read More
  • SISTEM VIRUS DAN ANTI VIRUS Ada saja murid indisipliner atau bahkan cenderung nakal. Penanganannya perlu intens dan sedini mungkin. Kedisiplinan amat diperlukan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif. Para penanggugjawab pendidikan w… Read More

0 komentar:

Posting Komentar