BANGUN-BANGUN YANG KONGRUEN

contoh bangun yang sebangun
Tentunya kalian masih ingat tentang syarat dua bangun datar yang kongruen. Coba sebutkan Lebih lanjut, kita akan mengaplikasikannya pada salah satu bangun datar yaitu segitiga. Sekarang coba katakan, apa yang disebut dengan segitiga itu? Bisakah kalian menyebutkan benda-benda di sekitar kita yang berbentuk segitiga? Segitiga terangkai dari enam unsur yang terdiri dari tiga sisi dan tiga sudut.
1.      Dalam  KLM dan XYZ, diketahui KL = 10 cm, LM = 16 cm, KM = 12 cm, YZ = 24 cm, XY = 15 cm, dan YZ = 18 cm. Mengapa kedua segitiga itu sebangun? Sebutkan pasangan-pasangan sudut yang sama besar.
2.      Diketahui KLM dan XYZ dengan ÐK = ÐZ, ÐM = ÐY, KL = 10 cm, KM = 12 cm, XZ = 15 cm dan XY = 24 cm
  •      Gambarlah kedua segitiga itu.Apakah keduanya sebangun?
  •      Tulis perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian.
  •      Carilah panjang sisi ML dan YZ


Dari kegiatan yang kalian lakukan sebelumnya, apakah kedua segitiga tersebut kongruen? Mengapa demikian? Selanjutnya, dapat kita simpulkan bahwa dua segitiga, dikatakan kongruen jika dan hanya jika keduanya mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Jika demikian, unsur-unsur yang seletak saling menutup dengan sempurna. Jadi syarat dua segitiga yang kongruen adalah:
a. Sudut-sudut yang bersesuaian (seletak) sama besar.
b. Sisi-sisi yang bersesuaian (seletak) sama panjang.

Berikut salah satu contoh video penyelesaian bangun-bangun yang sebangun



0 komentar:

Check Google Page Rank
Berikan Pendapat Anda tentang WI Berikan komentar positif dan santun demi pengembangan selanjutnya, untuk partisipasi anda semua saya ucapkan Terimakasih