TRY OUT TAHAP 1 MTs. SUNAN AMPEL

Pesera UN 2016 MTs. Sunan Ampel Kraton
Alhamdulillah uji coba try out sudah dilaksanakan tanggal 28 Pebruari 2016. Hasil try out dapat dilihat di kolom ini.Banyak kendala yang dijumpai dilapangan dalam pelaksanaan try out ini, satu diantaranya adalah soal banyak terjadi kesalahan. Kekosongan pada jawaban pilihan membuat para peserta try out bingung dan sempat terjadi insiden kegaduhan di kelas. namun kenyataannya banyak pengawas juga mengalami kebingungan, apa yang mesti dilakukannya. Maklum mereka bukan guru bidang studi pelajaran try out tersebut. Sebagai contoh pelajaran Matematika. Sepintas try out dari dulu hingga sekarang terkesan main-main terutama penyajian soal-soal yang di ujikan dilapangan. Apakah ini bagian dari penghabisan dana proyek dari try out setiap tahunnya.
Semoga pemerintah daerah lebih selektif lagi dalam pelaksanaan program try out bersama ini. Sebab, barometernya adalah hasil yang didapatkan para peserta sebagai bahan evaluasi sebelum atau pra Ujian Nasional 2016 yang akan datang. Varian paket soal memang ada 20 jenis, namun sebenarnya jika dilihat secara teliti varian paket tersebut hanyal pengacakan soal sejumlah 40 soal tersebut (bidang studi Matematika). Ini kelihatannya pemerintah daerah hanya sekedar basa-basi saja dalam program try out bersama. Memang banyak lembaga pendidikan asal manut alias nurut saja dengan program ini, tanpa melakukan evaluasi dan observasi dari kegiatan setelah dan sebelumnya. Harapannya setip lembaga pendidikan memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah dalam penyusunan kisi-kisi soal tersebut, Khawatir soal tersebut hanya didapat copy and paste dari halamat web orang lain.
Dalam perhitungan hasil try out peserta di MTs. Sunan Ampel telah menggunakan Aplikasi buatan sendiri dengan mempertimbangkan dengan berbagai macam variabel, diantaranya adalah nilai lulus dikatagorikan 5,5. Sehingga dengan acuan tersebut akan lebih mudah dalam menganalisa hasil sementara peserta juga menjadikan evaluasi dini untuk peninhgkatan try out selanjutnya. Tentu dalam hal ini kami akan menggunakan sistim rataan dan standart deviasi untuk mengetahui tingkat penyimpangan data. Tentu jika dilihat dari hasil sementara sangat jauh dari harapan kelulusan. Wallohu'alam >>>


0 komentar:

Memuat...
Loading...
Check Google Page Rank