URGENSI PETA KONSEP

Menurut Suparno (dalam Basuki, 2000, h.9) peta konsep merupakan suatu bagan skematik untuk menggambarkan suatu pengertian konseptual seseorang dalam suatu rangkaian pernyataan. peta konsep bukan hanya menggambarkan konsep-konsep yang penting, melainkan juga menghubungkan antara konsep-konsep itu.
Pada gambar tersebut saya ambil contoh pelajaran matematika dalam materi statistik yang sebenarnya dapat memberikan nilai positif pada siswa maupun guru dalam mempelajarinya. Artinya gambaran secara umum bisa dipahami sementara. Inipun juga berlaku bagi siswa, Cuma tinggal pengembangan yang butuh seorang pendampinng yaitu guru. Dalam peta konsep inipun akan lebih fokus dan gamblang dalam memahami persub bagian dari inti materi. Alur kita dalam mempelajari sudah amat sangat jelas sekali, sehingga ketika kita akan mencari sebuah rujukan yang lain, maka kita tidak akan keluar dari jalur rel yang sudah ditetapkan di peta konsep tersebut.
Memang sangat benar sekali apabila kita pelajari sesuati dimulai dari hal-hal yang sangat pentings sekali yaitu sebelum ke masalah pengembangan. Minimal bagian yang ada di dalam peta konsep itu yang dihafalkan. Sebaiknya guru sebagai team pengajar membarikan gambaran umum pada siswanya, agar dalam mind set siswa terprogram dan terstruktur materi yang akan disampaikan secara lengkap.(pak say : smart WI)

0 komentar:

Memuat...
Loading...
Check Google Page Rank