PASAR MODAL ( Bursa Efek)

Sangat berperan dalam menciptakan investasi usaha potensial terhadap jalannya perekonomian suatu negara. Berbagai manfaat yang diperoleh dari bursa efek, yang semuanya memperlancar jalannya dunia usaha dalam rangka menggairahkan perekonomian.
Bagaimana mekanisme kinerja di bursa efek? sebelum melakukan transaksi di bursa efek / investor harus menjadi salah satu nasabah perusahaan efek, setelah disetujui oleh perusahaan efek yang bersangkutan barulah bisa melakukan transaksi jual beli efek. Nasabah wajib mendepositkan sejumlah uang tertentu sebagai jaminan bahwa nasabah tersebut layak melakukan jual beli efek.
Lot, adalah merupakan satuan perdagangan saham, dimana satu lot di bursa efek Jakarta adalah 500 saham dan inilah merupakan batas minimal pembelian saham. Transaksi efek diawali dengan order untuk harga dan jumlah tertentu, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah :


Keterangan:
  • Transaksi di bursa efek diawali dengan masuknya pelaku efek menjadi nasabah perusahaan efek tertentu.
  • Bilamana pemilik modal (pelaku bursa efek) melakukan pembelian/penjualan saham maka ia melakukan order untuk harga tertentu kepada perusahaan efek dengan menyebutkan jumlah yang akan dibeli atau dijual dengan menyebutkan harga yang diinginkan.
Contoh :
Tn Rico menelepon kepada dealer atau sales bahwa ia membeli saham PT “Maju” sebanyak 500 lembar saham dengan harga Rp.10.000 per saham. Setelah diteliti oleh perusahaan efek (misalnya tentang: dana, saham ada atau tidak, batas limit perdagangan) kemudian disampaikan pada Pialang di bursa untuk dilaksanakan.

Referensi : BSE Ekonomi kls XII

0 komentar:

Memuat...
Loading...
Check Google Page Rank