Berikan Pendapat Anda tentang WI Berikan komentar positif dan santun demi pengembangan konten yang lebih menarik serta lebih faktual dengan berita ilmu yang bermanfaat bagi kita semua pada tahap selanjutnya, untuk partisipasi anda semua saya ucapkan Terimakasih

HITUNG LUAS LINGKARAN DENGAN EXCELL

Salah satu materi matematika yang sering di bahas dalam bidang studi matematika adalah lingkaran. Materi lingkaran pada tingkat SMP cukup komplek. Selain pengetahuan tentang komponen-komponen lingkaran seperti jari-jari, diameter, tali busur, busur, dan lain sebagainya. Juga hal yang paling mendasar adalah mencari keliling lingkaran dan juga luasan lingkaran. Umumnya pengajaran bersifat konvensional dimana guru menjelaskan rumus dan unsur-unsurnya, lalu memberikan contoh-contoh dan akhir pelajaran memberikan latihan dan tugas pada setiap siswa. Pada pembahasan ini team WARTA IILMU memberikan solusi cara menghitung keliling dan luasan lingkaran dengan menggunakan Ms-Excell. Kami menyadari ilmu yang kami shared di sini bukan suatu hal yang istimewa karena kami sadar masih banyak teman-teman guru yang lebih hebat dari kami. Namun, ini mungkin di perlukan di tingkat dasar untuk mempercepat hitung dalam mencari keliling jika jari-jari diketahui, atau mencari jari-jari jika keliling diketahui. Kami juga menyediakan hitungan cara mencari luasan jika jari-jari diketahui atau mencari jari-jari jika luasan lingkaran diketahui. Secara umum rumus dapat dilihat dibeberapa referensi buku lainnya.


Gambar contoh hasil entry nilai

Gambar di atas contoh hasil dari input nilai jari-jari dan luas lingkaran tertentu.
Langkah pemakaian cukup sederhana, yaitu anda tinggal mengetikkan panjang jari-jari pada kolom warna merah, maka secara otomatis keliling dan luas akan ditampilkan hasilnya. Namun jika soal yang diketahui adalah keliling atau luas lingkaran maka anda cukup ketikan pada kolom warna merah di bagian bawah. Perlu diketahui juga bahwa program sudah di sempurnakan lagi, sehingga anda lebih dapat secara maksimal dalam menggunakannya. Silahkan di download pada link di bawah ini, semoga bermanfaat. Salam pak say sing ganteng.

0 komentar:

Posting Komentar