SELESAIKAN MATEMATIKA DENGAN EXCELL

     Program ini pada mulanya dibuat untuk kepentingan bisnis, seperti laporan keuangan, membuat grafik atau histogramdari sejumlah data. Salah satu kelebihan program ini adalah cukup popular. Ada banyak kemampuan fasilitas program ini yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika, seperti kemampuannya menggambar grafik dan juga mempunyai fungsi-fungsi matematika yang cukup lengkap. Disamping kemampuannya yang sudah kita kenal, seperti dalam analisis data, program ini dapat juga digunakan untuk pemecahan masalah, di mana siswadapat membuat suatu model matematikanya, seperti yang akan diilustrasikan berikut ini: Misalkan siswa SMP diberikan soal sebagai berikut

Dalam suatu lapangan parkir terdapat 57 kendaraan yang meliputi mobil dan sepeda motor. Diketahui bahwa sepeda motor 23 lebih banyak dari pada mobil. Berapa banyak masing-masing jenis kendaraan tersebut ?

     Siswa mungkin berpikir atau kalau belum mungkin, diajak berpikir dengan coba-coba sebagai berikut. Diketahui bahwa sepeda motor 23 lebih banyak dari pada mobil. Berarti kalau mobilnya 1 buah maka sepeda motornya 24 buah dan jumlahnya baru 25 kendaraan. Kalau mobilnya 2 buah maka sepeda motornya 25 buah dan jumlahnya baru 26 kendaraan Sekarang berapa banyak masing-masing jenis kendaraan agar jumlah seluruhnya 57 kendaraan. Dengan program Excel dan dengan pengetahuan menggunakan formula dan copy formula untuk cell di bawahnya, perhitungan pemikiran di atasdapat dikerjakan dengan perintah berikut. Misalkan cell A1 ditulis “Mobil”, cell B1 ditulis “Spd Motor” dan cell C1 ditulis “Jumlah”. Kmudian cell A2 dituliskan “1” , pada cell B2 diberikan formula “=A2+23” , pada cell C2 diberikan formula “=A2 + B2” dan pada cell A3 diberikan formula “=A2+1”. Kemudiandilakukan copy formula untuk ketiga kolom tersebut bersamaan, sampai baris keduapuluh, sehingga diperoleh seperti dalam gambar berikut.


Dalam gambar di atas nampak bahwa total 57 terjadi pada mobil dengan jumlah 17 dan Sepeda Motor dengan jumlah 40.
Download artikelnya, semoga bermanfaat di sini

0 komentar:

Memuat...
Loading...
Check Google Page Rank