I K H L A S








Banyak orang yang berkata jika kita berbuat sesuatu harus IKHLAS, benarkah? Kadang antara perbuatan dan perkataan tidak sama. Ada seorang siswa berkata “TALK IS CHEAP BUT ACT IS EXPENSIVE”. Apalagi perbuatan itu berhubungan dengan perasaan seseorang dengan orang lainnya. Seorang pemuda mungkin telah jenuh melakukan perbuatan demi sang pujaan hati, namun kekasihnya tidak mengerti dan memahami akan pengorbanan yang dilakukannya. Saya sangat memahami perasaan dia, dan memang berat menerima seseuatu keputusan diluar nalar dan keinginan kita. Saya katakana sekali lagi “TIDAK SEMUA ORANG BISA” menerima dan melakukan sesuatu yang membuat dia bahagia tanpa harus dikaetahui oleh pasangannya tersebut. Ini memang harus kita lakukan jika kita menyannyagi dan mencintai seseorang tersebut. Bahasa sederhananya adalah membalas perbuatan buruknya dengan kebaikan. AIR SUSU DIBALAS DENGAN AIR TUBA. Ya, mungkin kata-kata itu lebih tepat untuk kita ungkapkan.
Lakukan sesuatu dengan terus menerus demi senyum dia dan kebahagiaannya tanpa kamu mengharap balas jasa, lebih-lebih mencari pujian dan sanjungan dari dia. Seorang kakek bijaksana pernah diajak curhat masalah perasaan seseorang yang sedang tersakiti oleh pasangan yang dia cintai. Dia bilang, KAKEK HATIKU TELAH TERSAKITI OLEH KEKASIHKU, DIA TIDAK PERNAH MENGERTI TENTANG APA-APA YANG SAYA LAKUKAN DEMI DIA BAHAGIA. BAGAIMANA INI KAKEK UNTUK MENGATASINYA AGAR DIA MENGERTI. Lalu kakek itu sambil tersenyum dan berkata “KAMU DIAM DAN RASAKAN SAJA SAKIT HATIMU TERHADAP DIA JIKA PERLUY LAKUKAN TERUS PERBUATAN YANG MEMBUAT DIA TERSENYUM TANPA DIA KETAHUI BAHWA KAMU YANG MELAKUKANNYA. Akhirnya dia menurut omongan kakek tersebut, dan alhasil ternyata dengan ijin Allah SWT kekasihnya pun akhirnya kembali ke dia.Dari cerita tersebut diatas dapat anda simpulkan bahwa tanamlah perbuatan baik pada setiap makhluk tanpa peduli dia akan membalas kebaikan ke kita. Ini mungkin sekilas definisi ikhlas.
Dalam KBBI definisi iklas adalah bersih hati; tulus hati: memberi pertolongan. Ikhlas merupakan salah satu pilar yang terpenting dalam Islam. Karena ikhlas merupakan salah satu syarat untuk diterimanya ibadah (Kitab Tauhid I hlm. 85, Syaikh Shalih Al Fauzan)
“Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman: Aku sama sekali tidak butuh pada sekutu dalam perbuatan syirik. Barangsiapa yang menyekutukan-Ku dengan selain-Ku, maka Aku akan meninggalkannya (tidak menerima amalannya, pen) dan perbuatan syiriknya” (HR. Muslim no. 2985).
Imam Ibnul Qayyim menjelaskan arti ikhlas yaitu mengesakan Allah di dalam tujuan atau keinginan ketika melakukan ketaatan, beliau juga menjelaskan bahwa makna ikhlas adalah memurnikan amalan dari segala yang mengotorinya. Inilah bentuk pengamalan dari firman Allah dalam surat Al-Fatihah ayat 5 yang artinya: "Hanya kepadaMu kami menyembah dan hanya kepadaMu kami memohon pertolongan."
Demikian sedikit penjelasan tentang keikhlasan, masih banyak artikel yang mengupas tentang definisi ikhlas.

salam pak say sing ganteng

0 komentar:

Memuat...
Loading...
Check Google Page Rank