LAUNCHING SOFTWARE BP

A. Latar Belakang

            Persoalan yang dihadapi oleh BP setiap sekolah tentu sangat komplek sekali, apalagi suatu lembaga yang mempunyai jumlah siswa yang lebih dari 1000. Tentu untuk menginval tiap-tiap persoalan/ kasus yang terjadi di sekolah tersebut butuh ketelatenan yang cukup tinggi. Setiap sekolah tentu mempunyai teknik tersendiri untuk kasus tersebut. Secara umum guru BP selalu menyiapkan buku induk kasus yang bertujuan untuk mencatat setiap pelanggaran yang dilakukan para siswa. Ini bisa saja dilakukan oleh guru BP jika jumlah siswanya relatif sedikit ( < 200 ), namun jika tidak maka butuh sistem yang handal agar setiap kasus atau pelanggaran yang dilakukan para siswa dapat di record tanpa ada yang tertinggal. Sebab bagaimana pun kasus yang terjadi ini sebagai bahan acuan dalam proses kenaikan kelas yang akan datang. Dengan fenomena seperti inilah kemudian team WARTA ILMU membuat program sederhana yang nantinya dapat membantu kerja teman-teman yang berprofesi sebagai guru BP. Tentu masih banyak yang lebih hebat dari kami dalam pembuatan software tersebut, tetapi program ini hanya kami pakai dikalangan sendiri yaitu di lembaga "MTs. SUNAN AMPEL" yang mempunyai jumlah murid lebih dari 500 siswa. Program ini penulis beri nama dengan "BpSupel v 1.2". Terus terang program ini sudah mengalami editing sebanyak 2 kali dari sebelumnya, sehingga pada versinya penulis beri nama dengan v 1.2 artinya versi pertama dengan 2 kali perbaikan. Memang program ini masih jauh dari kesempurnaan namun bagi kami ini adalah awal yang baik.
         Karena selama ini kami hanya menggunakan sistem manual, dan itupun kadang catatan sering hilang pada saat pertemuan untuk membahas kenaikan siswa kami. Dengan digalakkan sistem informasi melaluhi teknologi yang informatif, mendorong penulis untuk segera merealisasikan program tersebut. Apalagi Kemenag disetiap level mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah menggunakan sistem EMIS. Inilah sedikit alasan penulis untuk mencari ide tersebut.

B. Tujuan  
  1. Secara umum penulis hanya ingin membantu para guru BP dalam menjalankan tugas-tugasnya dalam melakukan pencatatan kasus atau pelanggaran yang dilakukan siswa siswinya dengan beracuan point yang telah ditetapkan memaluhi rapat intern antara guru BP dan waka kesiswaan yang tertuang dalam keputusan bersama yang di intepretasikan kedalam POS pelanggaran siswa.
  2. Secara khusus adalah merupakan intepretasi dan implementasi dari ilmu yang dipunyaI oleh penulis dalam menciptakan kemaslahatan di lingkungan MTs. SUNAN AMPEL
  3. Pengembangan bidang keilmuan terutama memperdalam program bawaan Ms office yaitu MS Accses yang secara umum program ini dibuat untuk keperluan membuat aplikasi lain salah satunya adalah BpSupel v 1.2
C. Manfaat
  1. Bagi Lembaga yaitu dapat dengan mudah merecord kasus yang terjadi dilingkungan MTs Sunan Ampel. Juga sebagai point tersendiri dalam mempersiapkan Akreditasi selanjutnya yang ini akan masuk ke sub standart isi.
  2. Bagi Penulis yaitu mudah-mudahan menjadi amal shodakoh yang baik yang diterima oleh Allah SWT. Program ini sengaja penulis ciptakan secara freeware alias gratis buat lembaga tanpa imbalan apa pun.
  3. Bagi Lembaga lain yaitu menjadi bahan inspirasi dalam pengembangan lembaganya menjadi lebih baik lagi dan dapat mengembangkan ke software lain yang lebih berbobot 
D. Bentuk Software
Berikut  bentuk software dari BpSupel v 1.2 yang sederhana tetapi mempunyai nilai guna tinggi. Berikut tampilannya secara keseluruhan.

Pada tampilan software ini yang menjadi catatan penting adalah nomer ID siswa dan juga informasi tambahan seperti: nama siswa, Kelas juga nama wali sekaligus alamat dan no HP sebagai alat penghubung ke wali murid jika ada masalah yang dianggap urgen. Penetapan jenis kasus yaitu ringan, sedang dan berat, sekaligus diberi stand untuk mencatat semua kasus pelanggaran siswa selama setahun. Catatan ini juga bisa di print out secara langsung. Anda bisa melihat 4 tombol yaitu menyimpan record, prinpreview, tombol cetak dan tombol keluar program.
Berikut hasil print out dari lembar yang telah tersimpan di program tersebut

Demikian sekilas info ini penulis sajikan buat sahabat-sahabat BP setanah air. Semoga terinspirasi membuat yang jauh lebih sempurna dan mau berbagi di kolom Warta Ilmu. Guru yang baik adalah yang dapat memberikan kontribusi ilmu walau sekecil biji tomat. Wassalam (Team WI)

0 komentar:

Memuat...
Loading...
Check Google Page Rank