SEMINAR INTERNASIONAL

Sambutan Sunariyo  sekda Jatim sekaligus pemerhati dunia pendidikan pagi di gedung SAWAKITRI UNIVERSITAS KANJURUAN MALANG dalam acara seminar yang diikuti lebih dari 700 mahasiswa Pasca sarjana Kanjuruhan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan salam dari gubenur dan wakil gubenur sukarwa dan saifulloh. Beliau juga menyampaikan tentang pendidikan di jatim yang mempunyai beberapa program yaitu:


  1. Masalah bantuan siswa yang naik 25% yang dibantu pemerintah pusat dan daerah sebesar Rp 57500 hingg Rp 100.000 per siswa
  2. Peningkatan mutu pendidikan melaluhi BSNP nya yaitu dengan pelaksanana UAN
  3. Meningkatan fasilitas sekolah
  4. Pemberiab bea siswa pada siswa berprestasi mulai dari sd hingga pt
Sunariyo menambahkan bahwa guru diharapkan dapat melakukan sertifikasi dengan harapan adanya perubahan proses belajar mengajar yang lebih baik. Kunci pembelajaran adalah pada guru.
Bantuan selain di berikan pada sekolah-sekoah umum juga diberikan pada ponpes tentunya dananya dari BOSDA.

Dalam sambutannya dilanjutkan dengan dialog interaktif. Dalam dialog tersebut ada lima penanya diantaranya tentang PAUD. Menurut sunaryo PAUD terdiri dari 2 jenis yaitu
1. PAUD non formal umur 1-4 th tak bisas sertifikasi karena lembaganya non formal
2. PAUD formal umur 5-6 th dan layak dapat sertifikasi karena lembaganya formal seperti TK dan RA dan mempunyai NUPTK yang merupakan syarat dapat tunjangan fungssional.
Izin dari paud ini ke kabupaten dan kota apakah syarat gurunya sudah bagus dan baik. Pertanyaan dari bu ike

Daya tarik wali murid pada sekolah ditentukan seberapa jauh pelayanan terhadap masyarakat dengan meningkatkan fasilitas belajar dengan sosialisasi ke wali murid dan masyarakat. Dengan demikian sekolah tersebut sudah dapoat bersaing. jika dalam suatu daerah terdapat persaingan tidak sehat maka pihak tersebut dapat melaporan ke kabupaten maupun kota.
Sementara itu guru yang sudah masuk database untu tahun ini 2009 sudah selesai, namun masih diberi kesempatan untu melanjutkan kuliahnya. Jumlah guru sd dan mi kurang lebih 45000 dan 70% masih belum selesai kuliah.

0 komentar:

Memuat...
Loading...
Check Google Page Rank